Home » Artikel » LIPUTAN RAMADAN: KREASI DALAM BULAN SUCI

LIPUTAN RAMADAN: KREASI DALAM BULAN SUCI

Kegiatan di Masjid

Pada bulan Ramadan tahun 1443 H ini, SMP Islam Al Hikmah mengadakan pesantren kilat (sanlat). Liputan kali ini saya khususkan untuk kegiatan kelas 8. Kegiatan ini dimulai dengan salat Duha berjemaah di Masjid Bina Hasan Al Hikmah. Dan dilanjutkan dengan membaca shalawat Allahul Kafi, Sifat Wajib Allah, Shalawat Tibbil Qulub, Shalawat Nariyah, Asmaul Husna dan pembacaan surat Yasin dan Tahlil.

 

Al Hikmah Moslem Fashion Show

Kelanjutan dari sanlat kali ini ialah Fashion Show. Seruuu dehh, karena para peserta terlihat malu-malu ketika harus berlenggak lenggok di catwalk yang sederhana beralaskan terpal orange, haha. Walau begitu, catwalk ini tetap lucu dan menarik layaknya fashion show beneran Ditonton oleh teman sendiri dan Bapak/Ibu guru. Itu yang bikin tambah grogi. Tapi sebelum acara dimulai, ada kegiatan membuat kaligrafi tentang kalimat Thayyibah seperti Alhamdulillah, Allahu Akbar, Subhanallah, dan lain sebagainya.

Setelah sesi kaligrafi selesai, fashion show pun akhirnya dimulai. Fashion show diikuti oleh para siswa yang ditentukan oleh wali kelas masing-masing, setiap kelas dipilih masing-masing 5 laki-laki dan 5 perempuan. Para peserta diwajibkan mengenakan pakaian muslim terbaik yang mereka punya, bagus bagus loohh pakaian-pakaian yang mereka kenakan (mungkin baju buat lebaran nanti). Selain cara berjalannya, ekspresi wajah juga penting lho. Hasil kreasi dapat berupa dandanan yang menor tapi tetap sopan. Ada yang memakai giwang melambai-lambai di pipinya, ada gaya baju gamis mengibas angin jahat, jilbab melilit di leher ala ular sanca,… pokoknya kereen deh.

Asikkaann kegiatan sanlat di sekolahku…? hehe

Bukber

Selain mengadakan pesantren kilat, sekolahku juga mengadakan bukber (buka bersama), yang dimanfaatkan oleh para siswa untuk mengenal satu sama lain setelah sekian lama sekolah dari rumah karena wabah virus. Sembari menunggu waktu berbuka, kegiatan bukber diisi dengan pembacaan shalawat dan asmaul husna yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Saat azan berkumandang, tiba waktunya untuk berbuka. Kami berbuka dengan makanan dan minuman yang sudah disediakan oleh Bapak/Ibu panitia. Setelah berbuka, aku dan teman-teman serta para guru melaksanakan salat magrib berjemaah. Dan setelah azan isya berkumandang kami segera melaksanakan salat isya berjemaah dan salat tarawih berjemaah.

Itulah ringkasan cerita tentang kegiatan pesantren kilat dan buka bersama disekolah ku.

Semoga kita mampu menjalani ibadah puasa ini hingga akhir Ramadan. Amin.

Selamat Berlebaran…

Ganes Kalyca Maheswari – Siswa Kelas 8-2